Kekurangan & Kelebihan Terapi Lilin Untuk Mata dan Gurah

Seperti kita tahu, ada banyak jenis sakit mata. Ada juga banyak jenis pengobatan atau terapi yang bisa kita lakukan. Salah satunya terapi lilin untuk mata dan gurah mata. Sudah pernahkah Anda mengalami sakit mata dan coba meredakannya dengan kedua jenis terapi di atas?

Jika sudah pernah, maka amatilah perkembangannya. Apakah ada perubahan ataukah tidak. Nah, jika tidak ada perkembangan kesehatan, maka hentikan saja.

Saat ini kami akan bahas 2 jenis terapi mata yang cukup unik dan mungkin belum pernah Anda lakukan. Keduanya adalah, gurah mata dan terapi lilin. Mari kita kaji bersama.

 

 

Metode Gurah Mata 

 

Metode ini lumayan terkenal dalam ranah terapi mata alami. memang, dari dahulu banyak orang menggunakan metode ini ketika matanya terasa sakit karena iritasi maupun karena sebab yang lain.

 

Terapi Lilin Untuk Mata

 

Urutan gurah mata adalah sebagai berikut: Pasien diminta untuk berbaring, lalu kedua matanya ditetesi ramuan kitolod (cairah). Selama kurang lebih satu menit pasien akan merasakan matanya sangat pedih. Setelah beberapa saat, maka kotoran akan keluar. Bentuknya menyerupai busa putih dan kadang sampai keruh tergantung kondisi matanya.

Selain gurah mata menggunakan sari kitolod, baisanya juga digunakan daun sirih. Keduanya memang mengandung bahan yang berguna sebagai antiseptik. Zat aktif dalam tanaman tersebut bisa membantu membersihkan bakteri yang mungkin ada dalam mata.

Ya, meski seperti itu, metode ini bukan tanpa kekurangan. Secara klinis belum ada penelitian bahwa terapi gurah mata bisa menyembuhkan semua jenis keluhan mata.

 

Menurut logika, karena keduanya mengandung zat antiseptik, maka keduanya hanya bisa membantu membersihkan. Atau dengan kata lain, bisa meringankan keluhan mata yang berkaitan dengan infeksi bakteri. Itu saja. Metode terapi ini belum pasti cocok untuk semua jenis penyakit mata.

 

Meski memang memberikan efek positif, penggunaan berbagai ramuan itu juga masih rentan. Maksudnya, untuk mendapatkan hasil positif dan tanpa resiko negatif, maka gurah mata harus dilakukan oleh tangan-tangan ahli. Dalam hal ini adalah ahli tanaman obat, atau biasa kita sebut dengan Herbalis.

Nah, apabila Anda tertarik untuk melakukan gurah mata, maka datanglah kepada Herbalis. Itu bisa menyelamatkan Anda dari terjadinya tindakan atau pun reaksi yang tidak Anda inginkan.

 

 

Terapi lilin untuk mata

 

Nah, khusus cara ini belum ada penelitian ilmiah atau pun bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa Terapi Lilin bisa membantu Anda sembuh dari sakit mata, khusunya rabun jauh dan rabun dekat.

Meski begitu, kita tetap perlu tahu bagaimana terapi lilin untuk mata dilakukan.

Untuk melakukan terapi lilin memang sangat mudah. Anda hanya perlu menyalakan satu buah lilin. Kemudian Anda pandangi api lilin itu dengan pandangan fokus. Sebisa mungkin tahan kedipan sampai keluar banyak air mata. Langkah itu dilakukan setiap hari.

 

Terapi Lilin Untuk Mata

Ilustrasi Terapi Lilin Untuk Mata

 

Terkait terapi lilin untuk mata, kami belum pernah mendapati bukti atau pengakuan dari seseorang yang pernah melakukannya. Saat kami coba melakukan terapi lilin, malah yang ada adalah rasa lelah yang amat berat pada mata lantaran terlalu lama fokus memandang objek terang.

Nah, kelelahan berat pada mata itu, menurut medis justru sangat berbahaya untuk kesehatan mata. Menurut ahli kesehatan mata, kelelahan adalah penyebab utama terjadinya rabun jauh dan rabun dekat.

 

Memang, keterangan tentang terapi lilin masih simpang siur. Belum ada bukti ilmiah yang mendasarinya. Saran kami, tetap waspadalah dengan berbagai pilihan terapi mata. Lakukan terapi mata yang sudah jelas kajian, bukti dan selalu perhatikan siapa yang membantu Anda untuk melakukan terapi. Pastikan Anda ditangani oleh ahlinya.

 

Kami rasa cukup untuk pembahasan terkait “Kekurangan dan Kelebihan Gurah Mata dan Terapi Lilin Untuk Mata.” Semoga bermanfaat. Salah sehat dan bugar. Terimakasih.