Inilah Penyebab dan Gejala Pterigium yang Perlu Anda Waspadai

Secara umum, penyebab timbulnya pterigium belum diketahui secara pasti. Meski begitu, pterigium paling banyak dialami oleh mereka yang sering beraktivitas di luar ruangan. Pancaran sinar matahari, debu, asap, serta angin diduga berpotensi besar meningkatkan risiko munculnya pterigium. Mata yang kering juga diduga bisa menjadi faktor pemicu yang kuat.

 

Mata Pterigium

Umumnya pterigium bisa dideteksi oleh dokter melalui gejala utamanya, yaitu pertumbuhan seperti selaput pada bola mata. Jika suatu saat Anda memeriksakan kondisi mata Anda ke Dokter, maka Dokter akan memeriksa mata Anda dengan lebih saksama.

Jika dibutuhkan, dokter akan menganjurkan beberapa tes untuk mengukur kemampuan penglihatan serta memeriksa perubahan lengkungan pada kornea Anda. Itu dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya komplikasi dan kondisi kesehatan mata Anda.  

 

Gejala-gejala Pterigium

Pada umumnya, pterigium hanyalah berupa tumbuhnya selaput pada bagian putih mata. Meski demikian, kondisi ini perlu kita waspadai karena jika selaput itu semakin meluas, maka permukaan mata akan tertutup.

Itu artinya Anda sangat mungkin tidak bisa melihat. Supaya bisa melakukan penanganan dini pada mata pterigium, berikut adalah gejala-gejala yang banyak muncul saat Anda mengalami pterigium:

  • Mata merah. Iritasi, gatal, atau perih pada mata.
  • Mata terasa kering.
  • Mata terasa mengganjal.
  • Pandangan samar/kabur.

Selain penanganan medis, Anda dapat menghindari pterigium dengan menghindarkan mata Anda dari lingkungan yang tidak sehat seperti, sinar matahari terlalu terik, asap, atau debu yang sangat mungkin bisa memicu pterigium.

Pada kondisi tersebut, Anda bisa mengenakan kacamata hitam atau topi saat bepergian. Langkah ini juga berguna untuk mencegah pterigium terjadi atau kembali. Anda juga bisa melakukan pijat khusus mata pterigium supaya mata tetap dalam kondisi sehat.

Demikianlah artikel tentang penyebab dan gejala pterigium. Apabila Anda mendapatkan informasi yang bermanfaat. Silakan share informasi ini melalui media sosial atau pada orang-orang terdekat Anda. Terimakasih.