Kekurangan dan Kelebihan Operasi LASIK Untuk Mata

Tindakan operasi sangat umum disarankan untuk mengembalikan kondisi mata menjadi normal. Bisa dengan operasi mata LASIK (memperbaiki kornea mata) atau dengan operasi mata katarak (ganti lensa mata) apabila mengalami katarak. Masing-masing tindakan cocok untuk keluhan mata tertentu.

 

Operasi Mata LASIK

 

Meski pun tindakan operasi mata ini sering disarankan oleh Dokter, namun kebanyakan masyarakat kita masih takut untuk menjalani operasi mata. Kondisi tersebut sangat bisa kita maklumi lantaran banyak sebab pendukung.

Selain operasi mata membutuhkan biaya yang cukup mahal, gagalnya operasi mata juga menjadi sebab utama mengapa rata-rata masyarakat kita harus berpikir ulang untuk menjalani operasi mata.

 

 

Operasi LASIK dan Operasi Katarak

 

Lebih dalam, meski pun sama-sama tindakan operasi / pembedahan, namun kedua jenis operasi tersebut sangat berbeda. Operasi katarak khusus hanya dilakukan untuk penderita katarak. Sedang operasi LASIK bisa dilakukan untuk penderita rabun jauh, rabun dekat dan mata astigmatisme.

Kata “LASIK” sendiri merupakan singkatan dari “Laser in-Situ Keratomileusis”. Maksudnya, Semua operasi laser untuk mengoreksi kemampuan melihat, berupaya untuk membentuk kembali kornea, bagian depan mata, sehingga cahaya yang masuk melalui kornea dapat terfokus dengan benar ke retina yang terletak di belakang mata.

Banyak kelebihan bila Anda melakukan operasi LASIK, namun ada juga kekurangannya. Beberapa pertimbangan di bawah ini bisa Anda jadikan pertimbangan sebelum Anda menjalani operasi LASIK untuk mata Anda:

 

 

Kelebihan Operasi Mata LASIK

  • Tingkat keberhasilan yang tinggi. Sekitar 90% dari pasien akan memiliki penglihatan yang diinginkan setelah LASIK.
  • Tingkat nyeri yang rendah.
  • Hasilnya dapat langsung dirasakan setelah operasi atau sehari setelahnya.
  • Tidak ada perban atau jahitan yang diperlukan setelah LASIK.
  • Perbaikan penglihatan bisa kembali dilakukan beberapa tahun kemudian setelah LASIK untuk menyempurnakan penglihatan
  • LASIK mengurangi ketergantungan kebanyakan pasien akan lensa kontak dan kacamata. Beberapa bahkan tidak memerlukan bantuan alat lagi sama sekali

 

 

Kekurangan Operasi Mata LASIK

  • Perubahan yang dibuat pada kornea tidak akan dapat dikembalikan setelah LASIK.
  • LASIK adalah teknik bedah yang kompleks. Masalah dapat terjadi ketika dokter memotong flap, yang secara permanen dapat mempengaruhi penglihatan.
  • Sangat jarang terjadi, tetapi LASIK dapat menyebabkan hilangnya penglihatan “terbaik”.
  • Biayanya relatif lebih mahal.
  • Perawatan pasca operasi LASIK berjalan lumayan lama.
  • Ada efek sampingnya. Beberapa pasien mengalami ketidaknyamanan dalam 24 sampai 48 jam pertama setelah operasi mata LASIK: Silau, Penglihatan berbayang, Kesulitan mengemudi pada malam hari, Kemampuan penglihatan yang berfluktuasi dan mata kering.

 

Sudah seharusnya jika Anda akan menjalani operasi mata, apa pun itu, supaya berpikir dan mempertimbangkannya terlebih dahulu. Selain dengan operasi, masih banyak kok alternatif yang lain.

 

Anda bisa mengandalkan terapi mata alami, pijat atau yang lainnya. Sejauh ini, respon masyarakat sangat baik terhadap terapi mata alami lantaran banyak yang bisa merasakan perkembangan kesehatan mata yang signifikan.

Pernahkah Anda mencoba salah satu teknik terapi mata alami? jika belum, maka cobalah sebelum benar-benar memutuskan untuk menjalani operasi.

 

Apakah ada pertanyaan terkait bahasan ini? apabila masih ada, silakan konsultasi langsung melalui kontak yang kami sediakan. Apabila tidak ada, maka demikianlah artikel yang membahas tentang “Kekurangan dan Kelebihan Operasi LASIK Untuk Mata”. Mari kita berbagi kebaikan. Salah sehat dan bugar. Terimakasih.