Bagaimana Kondisi Mata Anda Saat Mengalami Retinopati Diabetik?

Wajar jika penyakit diabetes tergolong salah satu penyakit paling berbahaya. Jelas saja, karena dari diabetes bisa mengakibatkan terjadinya banyak sekali penyakit. Diantaranya adalah mata retinopati diabetik.

Nah, kali ini khusus kita akan bahas tentang keluhan mata retinopati diabetik. Retinopati diabetik merupakan penyakit mata yang diakibatkan oleh naiknya kadar gula darah. Kok bisa kadar gula darah naik menjadi penyakit mata, bagaimana prosesnya?

 

 

Terjadinya Mata Retinopati Diabetik

 

Saat kadar gula darah Anda naik, maka yang sangat mungkin terjadi adalah sumbatan pembuluh darah. Ya, kerak-kerak zat gula yang tidak terpakai akan mudah menghalangi laju darah dan menimbulkan sumbatan.

 

Mata Retinopati Diabetik

Mata Retinopati Diabetik

 

Sumbatan itu bisa terjadi di berbagai tempat. Jika sumbatan itu terjadi pada pembuluh yang mengalir ke otak, maka yang terjadi adalah stroke. Jika mengarah ke jantung, bisa mengakibatkan gagal jantung. Nah, jika sumbatan itu terjadi di daerah sekitar mata, maka terjadilah retinopati diabetik.

Meski pun tubuh kita mempunyai sistem otomatis membuat pembuluh darah baru saat terjadi sumbatan, namun sayangnya, pembuluh baru itu sangat rapuh. Nah, saat pembuluh pecah, maka terjadilah perdarahan yang dapat mengotori retina dan lensa mata. Kondisi ini bisa menimbulkan kekaburan penglihatan, mata keruh atau bahkan kebutaan.

 

 

Kompliaksi Mata Retinopati Diabetik

 

Tidak hanya bisa menimbulkan keluhan retinopati diabetik saja. Lebih lanjut, pecahnya pembuluh darah di sekitar mata bisa menyebabkan terjadinya katarak dan kebutaan.

Jika Anda memiliki kadar gula darah tinggi, maka Anda patut waspadai penyakit ini. Selain akibat faktor keturunan, gula darah juga bisa disebabkan karena kekeliruan gaya hidup dan faktor pola makan yang tidak sehat. Bagi Anda yang memiliki riwayat atau keluarga gula darah tinggi sebaiknya lebih berhati-hati.

Sangat baik jika Anda melakukan langkah pencegahan dengan mengontrol pola makan dan rutin olahraga. Selain itu, meminum ramuan herbal penurun gula darah mungkin bisa sangat membantu kadar gula darah Anda selalu dalam kondisi normal. Ya, hal itu sangat penting untuk Anda lakukan karena memang pemicu utama terjadinya retinopati diabetik adalah naiknya kadar gula darah.

Demikianlah artikel yang secara khusus membahas tentang apa itu mata retinopati diabetik. Setidaknya anjuran ini bisa menjadi petunjuk awal bagi Anda supaya bisa selalu terhindar atau cepat sehat tanpa mata retinopati diabetik. Salam sehat dan bugar.

 

 

————————————————————————
Disclaimer: *semua informasi yang ada dalam website ini merupakan alternatif, dan bukan merupakan pengganti rujukan medis. Semua produk yang terkumpul dalam Metode Terapi Mata ini tidak dijual bebas. Hanya bisa Anda dapatkan di AHN. Efek terapi yang dirasakan tiap individu bisa jadi berbeda-beda menurut kondisi fisik serta usaha yang dilakukan.