Begini Kondisi Mata Anda Saat Mengalami Glaukoma

TerapiMata.co.id – Sangat penting untuk Anda mengetahui kondisi mata glaukoma. Dengan pengetahuan ini, maka setidaknya Anda tahu dan bisa melakukan deteksi dini jika suatu saat Anda atau keluarga Anda mengalami mata glaukoa. Ingat ya, deteksi dini merupakan langkah awal dari pencegahan.

Glaukoma merupakan gangguan penglihatan yang disebabkan oleh tekanan cairan dalam bola mata yang terlalu tinggi, sehingga menekan saraf-saraf optik yang terletak di belakang bola mata dan retina. Kondisi itu menyebabkan gangguan penglihatan.

 

Kondisi Mata Glaukoma

Kondisi Mata Saat Mengalami Glaukoma

 

Pada penderita glaukoma, tekanan bola mata terjadi karena tidak seimbangnya produksi dan pembuangan cairan dalam bola mata. Kondisi tersebut bisa terjadi karena peradangan, infeksi parah pada mata, diabetes, serta efek samping dari penggunaan obat jenis steroid.

Tekanan bola mata biasanya dinyatakan dalam milimeter air raksa (mmHg). Pada mata normal, tanpa glaukoma biasanya memiliki tekanan bola mata antara 10-21 mmHg. Nah, apabila tekanan bola mata Anda berada diatas 21 mmHg, maka Anda memiliki resiko tinggi mengalami mata glaukoma.

Berdasarkan ukuran dan angka tersebut lah kita bisa mengelompokkan mata glaukoma berdasarkan stadiumnya. Semakin tinggi tekanan bola mata, maka semakin tinggi pula stadiumnya. Berikut adalah kondisi penglihatan Anda saat mengalami glaukoma:

 

Pandangan Mata Glaukoma

Pandangan Mata Saat Mengalami Glaukoma

 

Nah, fakta ini patut Anda waspadai. Menurut catatan medis, kebutaan akibat glaukoma lebih sulit disembuhkan dibanding dengan kebutaan yang disebabkan oleh katarak. Hal itu lantaran glaukoma sangat berpotensi mengganggu sistem syaraf optik manusia, berbeda dengan mata katarak yang lebih dikarenakan tertutupnya bola mata oleh selaput.

Sebab itulah sangat penting bagi kita untuk mengenal sejak dini terkait bagaimana kondisi mata dan penglihatan saat mengalami glaukoma. Dengan bekal pengetahuan tersebut maka setidaknya kita bisa mencegah dan melakukan penangan dini untuk mata glaukoma. Anda bisa melakukan terapi alami untuk mata glaukoma, memeriksakannya ke dokter spesialis mata dan lain sebagainya.

 

 

Catatan WHO Terkait Mata Glaukoma

Sesuai dengan Badan Kesehatan Dunia PBB atau WHO, glaukoma merupakan penyebab kebutaan kedua terbesar di seluruh dunia setelah katarak. Meski penyebab kebutaan nomor 2, glaukoma masih menjadi penyakit yang perlu Anda waspadai karena kebutaan akibat glaukoma nyaris tidak bisa disembuhkan.

Nah, yang perlu Anda ingat, Glaukoma bisa menyerang siapa saja. Sebab itu, penanganan dini sebelum parah adalah jalan satu-satunya untuk menghindari kerusakan serius pada mata dan kebutaan.

Deteksi dini dengan mengenali gejala-gejala mata glaukoma adalah jalan yang bisa Anda ambil. Konsultasilah pada Dokter terkait jika Anda merasakan gejala mata glaukoma.

Perawatan mata secara alami juga sangat baik untuk Anda lakukan secara rutin untuk menghindari mata glaukoma. Apabila ada yang ingin Anda tanyakan seputar kesehatan mata, silakan konsultasi disini >>> Konsultasi kesehatan mata

 

Disclaimer: Demikianlah artikel terkait “Kondisi Mata Glaukoma”. Artikel ini bukan bertindak sebagai pengganti rujukan medis saat Anda ingin mengetahui “Kondisi Mata Glaukoma” secara spesifik berdasarkan tinjauan klinis. Semua yang tersaji merupakan pengetahuan pendukung supaya Anda lebih waspada dan menyayangi organ tubuh Anda.